Kamis, 28 Maret 2013

Greenland Mencair, Akibat Pemanasan Global


Efek Global Warming, Greenland Mencair
Pemanasan global adalah suatu proses suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan di bumi. Kita tahu bahwa efek akibat global warming sudah bisa kita rasakan sekarang yaitu semakin panasnya suhu di bumi, sehingga ini mengganggu aktifitas manusia sehari-hari. Tapi kita juga sudah tahu bahwa penyebab terjadinya pemanasan global adalah karena ulah manusia sendiri yang cenderung merusak alam tanpa tahu akibatnya. Ya,, memang benar banyak sekali aktifitas yang dilakukan oleh manusia yang berujung pada kerusakan lingkungan, contoh : menebang pohon secara illegal.
Pemanasan global tidak terjadi begitu saja, tentu ini ada penyebabnya yaitu ;
1.       Polusi karbondioksida dari kendaraan bermotor
Akibat banyaknya masyarakat di dunia menggunakan kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil, sehingga meningkatkan jumlah karbondioksida yang keluar.
2.       Gas metana dari peternakan dan pertanian
menempati urutan kedua setelah karbondioksida yang menjadi penyebab terdinya efek rumah kaca. Gas metana dapat bersal dari bahan organik yang dipecah oleh bakteri dalam kondisi kekurangan oksigen, misalnya dipersawahan. Proses ini juga dapat terjadi pada usus hewan ternak, dan dengan meningkatnya jumlah populasi ternak, mengakibatkan peningkatan produksi gas metana yang dilepaskan ke atmosfer bumi.
3.       Penebangan Pohon berlebihan
Penebangan pohon secara besar-besaran juga merupakan penyumbang pemanasan global, karena hanya pohon lah yang mampu menyerap karbondioksida di udara. Penebangan pohon secara illegal ini terjadi setiap detik.
Kita tadi sudah melihat penyebab terbesar  pemanasan global, pemanasan global juga memiliki dampak yang sangat mengkhawatiran bagi kehidupan manusia di bumi. Salah satu dampak pemanasan global yang sering dibicarakan oleh media masa Internasional adalah mencairnya es di Greenland. Kita tahu bahwa Greenlad merupakan pulau terbesar di dunia, dimana hampir semua daratan di Greenland tertutupi oleh salju dan es. Namun sekarang es di Greenland sudah mencair jauh lebih cepat akibat naiknya suhu permukaan bumi yang semakin panas.
Menurut NASA es di Greenland mencair 40% setiap harinya, angka persentase tersebut sangat memprihatinkan mengingat dampak apabila Greenland mencair. Mencairnya es di Greenland menjadi factor penyebab naikna permukaan air laut di dunia ini. Contohnya saja permukaan air laut di Indonesia, tepatnya di Ibu kota Jakarta, permukaan air laut di pesisir pantai Jakarta meningkat. Diperkirakan kenaikan permukaan air laut berkisar 1-1,5 inch pertahunnya. Bisa dibayangkan  jika terus terjadi seperti itu maka kota Jakarta di Prediksi akan tenggelam di tahun 2050.
Walau para ilmuwan sudah berupaya mencari solusi agar dampak pemanasan global berkurang, tapi tetap saja es di Greenland mencair. Tak hanya es nya yang mencair hewan-hewan yang hidup di Greenland pun secara terus menerus populasinya berkurang drastic karena mereka tidak bisa beradaptasi dengan keadaan lingkungan di Greenland yang terus berubah.
Jika terus dibiarkan terjadi maka permukaan air laut dunia akan naik drastic dan tenggelamnya kota-kota besar di dunia sudah tdak bisa dihindari lagi. Jika manusia sangat acuh terhadap kondisi lingkungan seperti ini maka kerusakan lingkungan dan global warming pun semakin parah. Karena untuk menghentikan pemanasan global ini sangat ditentukan oleh sikap dan perilaku manusia terhadap alam.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar