Rabu, 17 Oktober 2012

Bahaya saos dan kecap abal-abal


Apakah anda penggemar Bakso, Mie ayam, Siomay, batagor, atau makanan pinggir jalan lainnya? Tentu jika anda penggemar makanan tersebut pastinya tidak lengkap dan kurang sedap jika tidak ada yang namanya saos atau kecap. Tapi apakah anda mau mengkonsumsinya lagi ? Tahukah anda bahaya dibalik saos dan kecap botolan abal-abal itu?
            Ya.. tentu saja pedagang kaki lima senang menggunakan saos dan kecap botolan murahan itu, karena selain harganya yang memang murah, dan juga isinya yang banyak. Tetapi kita tidak tahu apa kandungan yang ada di saos botolan itu. Saos dan kecap botolan mengandung berbagai macam zat aditif seperti pengawet, pewarna dan penguat rasa (mono sodium glutamat) yang membahayakan bagi tubuh kita. Karena zat tersebut susah dicerna oleh tubuh kita, hali ini karena bahan pengawet yang bersifat racun bagi tubuh.
            Selain adanya zat aditif yang terkandung pada saos dan kecap botolan yang berbahaya. Ternyata bahan baku pembuatan saos tersebut juga sangat “menjijikan”. Mengapa menjijikan? Ya,, karena bahan baku pembuatan saos tersebut tidak lain adalah cabai-cabai busuk yang memang sudah dihinggapi oleh lalat, belatung, dan berbagai macam bakteri. Selain itu bahan tersebut juga sangat mudah didapatkan. Pembuat saos tersebut tidak usah repot-repot mencarinya, mereka hanya pergi ke pasar. 
            Ada juga bahan tambahan lainnya seperti pewarna pakaian, boraks. Mereka sengaja mencampurkan bahan-bahan itu agar saos botolan mereka tahan lama dan tentunya menarik. Proses pembuatan saos tersebut juga jauh dari kesan higenis. Mereka mencampurkan semua bahan bahan menjadi satu.
 

            Selain saos ada juga kecap abal abal, bahan baku dan cara pembuatannya juga tidak jauh berbeda dari saos murahan. Bahan baku kecap didapat dari pasar yaitu kacang kedelai yang memang sudah busuk. Proses fermentasinya pun tidak higenis, dan juga diberi pewarna pakaian berwarna hitam. Dan pembuat saos dan kecap abal abal itu juga sangat curang, mereka mencantumkan label BPOM padahal produk buatan mereka tidak terdaftar di BPOM. Setelah anda mengetahui bahan bahan dan proses pembuatannya yang tidak higenis. Masih maukah anda mengkonsumsinya??
            Sekarang saya akan menjelaskan tentang bahaya-bahaya apa saja yang terdapat dalam saos dan kecap abal abal itu :
-          Penyakit kanker, karena didalam saos dan kecap botolan itu ada logam berat yaitu sodium benzoate
-          Alergi, iritasi dan sakit tenggorokan
-          Gangguan sistem ekskresi
-          Asma parah
-          Gangguan sistem saraf, karena dalam saos dan kecap murahan mengandung timbale dalam kadar tinggi yang menyebabkan gangguan saraf pada anak anak dan orang dewasa.
Seharusnya jika anda ingin menggunakan saos sambal untuk tambahan makanan, belilah saos sambal yang memang aman dan sudah terdaftar dalam BPOM . memang harganya mahal, tapi itu jauh  lebih baik di konsumsi.
Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar