Rabu, 17 Oktober 2012

Penggunaan Asap Cair Dalam Pengolahan Karet Blok Skim


Ringkasan
Masalah utama dalam pengolahan karet blok skim adalah bau busuk karena degradasi protein dari lateks skim oleh mikroba menjadi senyawa amoniak dan sulfida yang mencemari lingkungan pabrik dan karet blok skim yang dihasilkan mempunyai nilai PRI (plasticity retention index) yang rendah karena rusaknya antioksidan di dalam karet. Lateks skim sendiri adalah serum lateks dari pengolahan lateks pekat yang masih mengandung karet antara 3-7% dan yang merupakan hasil samping dari pabrik lateks pekat. Masalah dalam pengolahan karet blok skim ini adaah bau busuk yang sangat menyengat dan nilai PRI yang rendah yang disebabkan degradasi protein. Lalu dilakukan percobaan dengan menggunakan asap cair.
Penggumpalan asap cair dengan lateks skim

 Lateks skim segar yang berasal dari pabrik lateks pekat swasta, dimasukan kedalam bak plastik berkapasitas 250 liter. Selanjutnya lateks skim di aduk menggunakan pengaduk mekanis dengan kecepatan 300 rpm dan diaerasi menggunakan aerator yang biasa digunakan untuk memompa ban kendaraan. Selanjutnya lateks skim digumpulkan dengan asap cair pada pH 4,5 , 4,7 , dan 4,9 dan dengan asam sulfat pH 4,7 lalu diaduk selama 4-6 jam.
Hasil percobaan :
            dari hasil percobaan tersebut terbukti bahwa kandungan amoniak berkurang. Selain itu semakin lama pengadukan dan aerasi dari lateks menyebabkan kadar amoniak didalam lateks skim semakin berkurang.
Kesimpulan
Berdasarkan data hasil percobaan yang telah dilakukan dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
            1. pengadukan mekanis dengan kipas listrik selama 4-6 jam mengurangi kadar amoniak 15-47%.
            2. asap cair menggumpalkan lateks skim dengan sempurna pada pH 4,5 4,7 dan 4,9, sedangkan serum dan koagulum karet skim yang dihasilkan tidak berbau busuk karena degradasi protein dikaret skim dihambat, melainkan berbau asap yang kemungkinan lebih dapat diterima oleh penduduk disekitar pabrik lateks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar