Kamis, 06 Desember 2012

Beragam Manfaat Asparagus


Asparagus tidak begitu terkenal di Indonesia sebagai sayuran, dan tidak banyak orang yang mau memakan Asparagus. Karena banyak orang menganggap Asparagus itu rasanya pahit jika dimakan, padahal rasanya sama dengan brokoli. Asparagus adalah salah satu sayuran yang menjadi penanda datangnya musim semi. Seperti sayuran kebanyakan, manfaat asparagus untuk kesehatan pun sangat banyak. Asparagus adalah sayuran yang memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Asparagus adalah suatu jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan genus Asparagus. Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Asparagus berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal. Selain brokoli, asparagus juga merupakan sumber terbaik asam folat nabati, sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, serta mengandung sangat sedikit natrium.
Sayuran hijau yang satu ini masih jarang ditemukan di pasar-pasar di Indonesia. Asparagus biasa ditanam di daerah Amerika Utara seperti Amerika Serikat dan Kanada, ada juga di Eropa utara seperti Norwegia, dan Finlandia. Hampir semua bagian asparagus bisa diolah mulai dari akar sampai pucuknya yang mirip dengan bunga. Kandungan yang terdapat dalam asparagus juga sangat banyak yaitu vitamin c, vitamin e, folat, kaya serat, asperegine, asam folik, aprodisiak, potassium, akar rhizome asparagus dan bebas lemak dan kolestrol. Masing-masing senyawa yang terdapat dalam asparagus memiliki manfaat yang berbeda-beda yaitu:
Asperegine
suatu zat yang berguna untuk memperbaiki pencernaan makanan dan melancarkan air seni.

Asam Folik
membantu mengurangi cacat bawaan pada bayi pada saat di dalam kandungan, mengurangi dan membunuh sel  kanker panggul,kanker usus dan dubur, serta bermanfaat untuk mencegah penyakit-penyakit jantung.

Aprodisiak
Zat untuk merangsang organ seksual dan mengobati nyeri menstruasi pada wanita.

Vitamin C
Dapat membantu tubuh mencegah kanker, penyakit jantung serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Potassium
Meregulasikan keseimbangan elektrolit dalam sel dan menjaga fungsi jantung dan tekanan darah yang normal menyembuhkan penyakit batu empedu, batu ginjal, kanker prostat, flek hitam kulit.

Akar rhizoma asparagus
Berkhasiat untuk pengobatan infeksi saluran kemih dan batu ginjal secara tradisional.
Kandungan antioksidan dalam asparagus merupakan yang tertinggi diantara buah-buahan dan sayuran lain. Selain itu Kandungan seratnya (dietary fiber) sangat tinggi.  Serat dalam asparagus mampu mengikat zat karsinogen penyebab kanker. Serat juga membantu lancarnya proses pencernaan tubuh sehingga Anda terbebas dari gangguan sembelit atau susah buang air besar. Beberapa lembaga ilmiah telah melakukan uji klinis terhadap asparagus.
Terbukti sayuran ini mampu meningkatkan kesuburan pria dewasa. Kandungan asam amino asparagines merangsang ginjal membuang sisa metabolisme tubuh. Zat aktif lain dipercaya meningkatkan sirkulasi darah adn membantu melepaskan deposit lemak dalam dinding pembuluh darah. Sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang berjerawat, penderita eksim, gangguan ginjal dan prostat. Selain diolah menjadi makanan kini asparagus sudah bisa diolah dalam bentuk obat-obatan kapsul.

Sumber :

1 komentar: