Minggu, 30 Desember 2012

Keunikan pada kucing


Kucing sebagai salah satu hewan peliharaan terfavorit dan paling banyak di pelihara dibandingkan dengan hewan peliharan lain seperti anjing. Kucing banyak dipelihara karena kucing adalah  hewan yang menggemaskan dan lucu, bulunya yang lembut serta warna dan bentuk tubuhnya yang membuat kucing itu terlihat begitu menggemaskan. Tidak hanya itu tingkah laku kucing yang lucu juga membuat siapa saja pasti ingin memelihara hewan yang satu ini. Selain keunikan yang sudah disebutkan diatas tadi, kucing juga memilki keunikan dan kelebihan yang jarang diketahui oleh kita. Keunikan kucing yaitu :
1.      Mata Kucing
Mata pada kucing memiliki keunikan yaitu dari warna bola mata, ada yang berwarna biru, kuning, hijau, coklat dan hitam. Keistimewaan mata kucing adalah kucing mampu melihat 6 kali lipat lebih baik dibandingkan dengan manusia, terutama pada malam hari indera penglihatan kucing sangat tajam. Pada mata kucing ada lapisan pemantul cahaya yang dinamakan tapetum lucidum, yang menyebabkan mata kucing berpendar di malam hari. Lapisan pemantul ini dapat menyerap cahaya 6 kali lebih kuat daripada mata manusia, yang memungkinkan kucing untuk dapat melihat di kegelapan
2.      Kumis pada kucing
Kumis pada kucing ternyata memiliki bentuk dan pola yang berbeda satu sama lain, ini mirip dengan sidik jari pada manusia. Kumis pada kucing memiliki fungsinya tersendiri yaitu sebagai sebagai mekanisme sensoris yang sangat penting. Kerusakan pada kumis kucing tidak hanya menyebabkan kucing menjadi tidak nyaman, tetapi juga membuat mereka menjadi bingung dan kehilangan arah. Sebenarnya fungsi utama kumis pada kucing adalah sebagai pemindai lingkungan. Dengan memanfaatkan getaran dan udara disekitar ruangan kucing bisa mendeteksi lingkungan disekitarnya tanpa harus melihat.
3.      Waktu tidur kucing
Ternyata kucing adalah hewan dengan waktu tidur terlama di dunia yaitu sekitar 16 jam bahkan lebih. Kucing juga merupakan hewan yang sering bermalas-malasan apalagi kucing jantan.
4.      Gerakan kucing
Kucing ternyata bisa bergerak tanpa ada suara,  ini  memungkinkan kucing agar bisa memburu mangsanya tanpa harus ketahuan.

5.      Kenapa kucing menjilati bulunya ?
Terkadang kita bertanya-tanya kenapa kucing selalu menjilati bulu-bulunya? Itu karena kucing harus menjaga temperature tubuhnya. Jika pada keadaan panas, maka kucing akan menjilati bulunya agar suhu tubuhnya dingin. Begitu juga sebaliknya jika keadaan dingin maka kucing harus menjilati bulunya agar temperature tubuhnya tetap hangat.
6.      Ukuran tubuh
Ukuran tubuh kucing jelas berbeda-beda kucing terkecil yaitu kucing dengan bulu bintik-bintik yang ditemukan di Srilanka. Ukuran tubuhnya kurang dari setengah ukuran kucing rumahan. Sedangkan kucing terbesar adalah Harimau Siberia di Russia berat kucing ini lebih dari 300 kg.
7.      Bulu pada telinga kucing
Pernahkah anda bertanya apa fungsi dari bulu pada telinga kucing? Fungsi dari bulu itu adalah sebagai penagkap getaran dan suara yang ada di udara lalu disalurkan ke telinga. Pendengaran kucing juga sangat baik.
Itulah beberapa keunikan pada kucing yang jarang kita ketahui.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar