Minggu, 30 Desember 2012

Manfaat Bir Pletok



Manfaat Bir Pletok
 
Minuman Bir, biasanya identik dengan minuman yang memabukan. Karena bir adalah salah satu minuman keras yang mengandung alkohol, kadar alkohol yang terkandung dalam suatu minuman bir pun berbeda beda ada yang kadar alkoholnya rendah dan ada juga yang kadar alkoholnya sangat tinggi. Jika kita meminum bir dalam jumlah yang cukup bayak, maka dampaknya akan sangat  teras mulai dari mabuk sampai mengalami peyakit kanker. Jadi bagi anda penggemar minuman bir sebaiknya hati-hati, karena dampaknya sangat buruk bagi kesehatan anda.
Lalu bagaimana jika kita meminum bir pletok ?? tidak masalah. Ya memang benar bir pletok adalah salah satu minuman bir yang menyahatkan. Mengapa demikian? Karena bir pletok berbeda dengan minuman bir pada umumnya. Jika minuman bir biasanya terbuat dari campuran alkohol dan bahan berbahaya lainya, maka bir pletok sebaliknya. Bir pletok terbuat dari beberapa tanaman obat yang berada di Indonesia yaitu, jahe, daun pandan wangi, serai, kayu secang,kapulaga, gula pasir, lada hitam daun jeruk dan juga kayu manis. Bir pletok sendiri adalah minuman tradisional khas betawi.
Proses pembuatan bir pletok pun sangat mudah dan sederhana karena bahan-bahan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan bir pletok sangat mudah dijumpai di pasar-pasar di sekitar kita. Cara pembuatannya sangat mudah, kesembilan jenis bahan dasar kemudian di tumbuk, selanjutnya direbus menggunakan periok yang terbuat dari tanah, dan diberi sedikit air. Setelah direbus selama kurang lebih 30 menit, dan air mendidih, semua bahan yang direbus tadi diangkat dan dibiarkan beberapa menit baru disajikan. 
Adapun khasiat dari bir pletok adalah sebagai berikut :
1.      Menghangatkan tubuh, karena bir pletok tebuat dari Jahe maka bir pletok juga bisa menghangatkan tubuh, menyembuhkan batuk dan flu dan mencegah serta mengobati masuk angin.
2.      Kayu secang yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan bir pletok selain sebagai  penambah warna juga memilki khasiat. kayu secang yang mengandung asam galat dan asam tanat, dalam bir pletok dapat bermanfaat untuk mengobati sakit seperti: diare, disentri, batuk darah (TBC), disamping kegunaan lainnya sebagai obat untuk berbagai penyakit lain seperti ), luka dalam, sifilis, darah kotor, muntah darah, berak darah, luka berdarah, memar berdarah, malaria, tetanus, tumor, radang selaput lendir mata.
3.      Salah satu khasiat bir pletok yang paling umum adalah bir pletok mampu meningkatkan vitalitas tubuh kita. Karena senyawa cineole dan arginine dalam jahe mampu mengatasi ejakulasi dini, merangsang ereksi, mencegah kemandulan dan memperkuat daya tahan sperma. Oleh karena itu bir pletok sangat digemari oleh kaum pria.
4.      Dan konon bir pletok juga mampu mencegah dan mengobati penyakit kanker indung telur.
Tetapi sayangnya minuman bir pletok ini sudah jarang dijumpai di Jakarta, hanya beberapa orang saja yang masih memproduksi bir pletok ini, padahal manfaatnya sangat baik untuk kesehatan.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar