Senin, 03 Desember 2012

Khasiat buah Nona


Khasiat Buah Nona
 
Buah nona, sekilas nama buah ini agak aneh dan buah yang satu ini jarang dijumpai di Indonesia. Hanya beberapa daerah saja yang ditanami buah nona. Bentuk buah nona ini hampir sama dengan buah srikaya bahkan bisa dikatakan kembaran buah srikaya, bentuk daunnya pun perpaduan antara daun sirsak dan srikaya. Dan bentuk buahnya lebih besar dari buah srikaya, dan kulit buahnya seperti buah sirsak. Buah ini sudah jarang sekali dijumpai di Indonesia, karena perawatannya yang agak sulit. Dan semakin langkahnya buah nona disebabkan banyak orang yang kurang begitu menyukai rasa buah ini dan jumlah panenan buahnya yang relatif sedikit dalam satu pohon. Tanaman ini termasuk jenis tanaman langka.
Buah nona memiliki nama latin yaitu (Annona reticulata L.) dan termasuk dalam familia Annonaceae (Anacardiaceae). Pohon buah ini memiliki tinggi rata-rata 3-7 meter. Jika kita lihat pohon buah nona, sekilas pohon buah nona mirip dengan pohon buah sirsak dan buah srikaya. Ya,, memang benar, karena buah nona adalah kerabat dekat buah sirsak dan srikaya, ketiganya masih satu family anona. Dan buah nona termasuk tanaman semak semi-hijau abadi.
Daun buah nona memiliki panjang rata-rata 7-12 cm agak panjang dibanding daun buah srikaya dan lebar daunnya antara 3-4cm. Bunga buah nona muncul berkisar antara 2-10 bunga. Selain itu batang buah nona jika diremas akan mengeluarkan bau yang kuat. Buah nya sendiri mirip dengan srikaya hanya saja ukuran buahnya lebih besar dan terkadang ada juga buah nona yang berwarna ungu. Jika dilihat dari kandungannya, buah nona memiliki banyak kandungan antara lain:
-      Alkaloid (antioksidan)
-      Flavonoid (sejenis senyawa basa bernitrogen yang kadang memberikan efek pengobatan)
-      Vitamin C dan A
-      Kalium
-      Magnesium
Khasiat buah nona ini begitu beragam, salah satunya adalah sebagai melawan kanker karena dalam buah nona terdapat senyawa Alkaloid, senyawa ini disebut juga antioksidan yang terdapat pada buah nona. Selain itu ada Flavonoid yang berfungsi untuk memberikan efek pengobatan. Buah Nona juga mengandung vitamin A yang dapat bermanfaat untuk menjaga kulit, kesehatan rambut, serta meningkatkan fungsi mata.
Tak cuma itu, manfaat buah nona lainnya yaitu dapat mengontrol tekanan darah, membantu menormalkan fungsi pencernaan, menyembuhkan sembelit, serta dapat mengobati diare dan disentri. Dan buah nona juga mengandung kalium tinggi dan magnesium yang bermanfaat dapat melindungi kita dari serangan penyakit jantung.
Semua manfaat buah nona dapat kita temui pada bagian daun dan buahnya. Kegunaannya daun buah nona berkhasiat untuk menyembuhkan sariawan dan obat cacing. Buahnya berkhasiat untuk menyembuhkan disentri, mencret, dan melawan kanker. Buah nona juga dapat kita olah sendiri caranya adalah :
RAMUAN DAN TAKARAN
Obat Cacing
Ramuan:
Daun Buah Nona segar  4 gram
Air  110 ml
Cara pembuatan:
Dibuat infus atau diseduh.
Cara pemakaian:
Diminum sehari 1 kali 100 ml.
Lama pengobatan:
Diulang selama 4 hari.

Sariawan
Ramuan:
Daun Buah Nona segar  4 gram
Daun Sirih segar  3 helai
Daun Saga  4 gram
Air  110 ml
Serbuk gips (ditambahkan setelah ramuan dingin)  6 gram
Cara pembuatan:
Dibuat infus atau diseduh.
Cara pemakaian:
Diminum 1 kali sehari 100 ml.
Lama pengobatan:
Diulang selama 7 hari.
Terkadang daun buah nona juga sering dijadikan teh, lalu diseduh. Oleh sebab itulah sangat disarankan sekali mengkonsumsi buah nona karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan.
Sumber:

2 komentar:

  1. Gambarnya buah Srikaya..... buah nona kulitnya licin dan mirip buah sirsak... Jadi yang dimaksud dlm uraian itu... menjelaskan buah Nona atau Srikaya, ya....

    BalasHapus
  2. Betul itu buah Srikaya,yg buah nona biasanya buahnya lebih besar²...

    BalasHapus